PROFIL SMA KHZ MUSTHAFA SUKAMANAH

PROFIL SMA KHZ MUSTHAFA

Kesadaran masyarakat akan pentingnya fondasi Agama yang kuat bagi generasi telah mendorong mereka untuk mengirimkan putra putrinya ke Pondok-pondok Pesantren yang memiliki lembaga pendidikan formal, antara lain Pondok Pesantren KHZ Musthafa Sukamanah Tasikmalaya. Hal itu dilakukan karena kehawatiran putra-putrinya terbawa arus globalisasi dan dampak negatif dari perkembangan teknologi canggih yang melanda dunia. Kepercayaan masyarakat di atas telah mengilhami Yayasan KHZ. Musthafa Sukamanah untuk senantiasa memfasilitasi harapan mereka dengan menambah lembaga pendidikan formalnya, maka pada Tahun 1981 berdirilah SMA KHZ. Musthafa Sukamanah secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Kanwil P&K Prop. DT. I Jabar, Tgl. 20 November 1981, No.248/I.02 kep./E81 dan saat ini terakreditasi “A”.

Di samping itu, pendirian SMA tersebut sebagai wujud nyata kepedulian Yayasan KHZ. Musthafa akan pendidikan putra-putri masyarakat sekitar yang tak mampu melanjutkan ke sekolah-sekolah lain karena faktor ekonomi. Kepercayaan masyarakat ke SMA KHZ. Musthafa dari tahun ke tahun sangat menggembirakan dan semakin besar, sehingga saat ini banyak siswa dari luar Provinsi Jawa Barat yang sengaja bersekolah disini, karena keberadaannya di lingkungan yang cukup refresentatif, jauh dari pengaruh kota dan diapit dua pondok pesantren besar di Tasikmalaya, yakni pondok pesantren KHZ. Musthafa Sukamanah dan pondok pesantren Sukahideng, sehingga masyarakat yang menyekolahkan putra-putrinya di sini cukup merasa tenang, karena pagi hari mereka menimba ilmu di SMA KHZ Musthafa, sore dan malam harinya mengkaji ilmu-ilmu Agama di pondok pesantren tersebut.

cropped-icon.png

VISI

Terwujudnya Peserta Didik Berakhlak Mulia, Cerdas, Berprestasi dan berbudaya lingkungan.

MISI

  1. Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membentuk peserta didik yang mampu mengembangkan potensi daerah.
  3. Membagun karakter peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat
  4. Mengembangkan rasa solidaritas dan toleransi peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
  5. Meningkatkan pembelajaran yang dapat mengebangkan peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
  6. Mengembangkan sikap kritis, kratif, komunikatif, dan kolaboratif melalui intrakurikuler dan Projek Profil Pelajar Pancasila.
  7. Mengembangkan life skill peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
  8. Membudayakan tahfidz, literasi melalui intrakurikuler dan Projek Profil Pelajar Pancasila.
  9. Mengembangkan karakter peserta didik melalui pembelajaran yang berbasis kearifan lingkungan dan pengembangan kultur sekolah
  10. Menciptakan lingkungan bersih, hijau, sejuk, rindang, aman, nyaman dan berwawasan wiyata mandala.
  11. Mengembangkan networking dengan lembaga-lembaga pendidikan atau yang berhubungan dengan pendidikan baik lokal maupun nasional maupun untuk peningkatan kualitas/pengembangan sekolah